12/05/10

Abu Vulkanik Islandia 160 Poundsterling Per Botol


Pundi-Pundi para pebisnis di Islandia saat ini terus bertambah, menyusul meletusnya gunung berapi yang ada di sana. Mereka mengumpulkan debu vulkanik untuk dijual seharga 75 poundsterling secara online.
Abu vulkanik dari Gunung Eyjafjallajokull tersebut dijual dalam kemasan botol kaca kecil ukuran 160 gram.

Botol tersebut dijajakan sebagai suvenir dari bencana yang telah merugikan para maskapai penerbangan internasional. Awan debu dari gunung tersebut membuat lumpuhnya industri penerbangan, hampir di seluruh Eropa selama dua minggu.

Salah seorang penjual, Sofus Gustavsson mengatakan, dia memberikan semua hasil penjualan tersebut untuk membantu kampanye membersihkan Islandia yang saat ini diselimuti debu tebal.

"Saya dapat ide ini dari teman saya yang berada di negara lain. Dia meminta saya untuk mengirimkan debu vulkanik itu di dalam amplop," ujarnya.

"Saya pikir ribuan orang yang ingin mengingat kejadian ini." imbuhnya. Seperti dilansir orange.co.uk, Jumat (7/5/2010).

Sementara itu para bandar judi tengah bertaruh bahwa, akan ada letusan gunung berapi baru di Islandia pada tahun ini. Mereka bertaruh bahwa Gunung Katla yang masih aktif juga akan meletus.

Para ahli geologi pun juga cemas akan datangnya letusan lagi. Seribu tahun yang lalu, tiga letusan dari Gunung Eyjafjallajokull telah membuat Gunung Katla juga meletus.

Sementara itu juru bicara bandar judi, Paddy Power berharap, prediksi tersebut salah. Namun dia percaya Gunung Katla merupakan gunung terbesar di Islandia yang masih aktif.

Jika memang gunung itu meletus maka akan menjadi bencana bagi industri penerbangan dan juga para pelancong yang menggunakan transportasi udara.